Catridge printer HP bermasalah

Sering dapet masalah dengan catridge printer HP? Sama dunk… beberapa saat lalu tiba-tiba saja printer adik gue di rumah ngambek gamau mengeluarkan warnanya dengan sempurna seperti biasa. Trus gue coba cek ternyata isinya penuh karena bobot catridge masih lumayan berat, tapi untuk memastikan gue tambah lagi isinya. Ternyata tetep aja ga keluar hasil cetak nya.  

Tiba di kampus gue nanya ke teknisi (Bang Kaka) dan alhamdulillah dari beliau gue dapet tips, katanya gini “rendam dulu dengan air panas”.

Yup, seperti yang elu pikirkan sekarang *sok tahu dot com* awalnya gue pikir semua bagian direndam pakai air panas, ternyata nggak. *hi-hi-hi.. bego kok  sombong*

Nah ternyata gini:
1. Siapkan sedikit air panas dalam gelas, terserah gelas kaca ato gelas plastik asal jangan gelasssaran.
2. Siapkan juga pipet/sedotan
3. Nha dengan menggunakan sedotan ambil air panas minum sampai habis… gimana lidahnya kepanasen ga..? wakakaka… 
4. Eh belum diminum kan? Jangan – jangan diminum ntu kan air panas. Cukup ambil dikit aja dengan sedotan kemudian tuangkan ke bagian catridge di permukaan keluarnya tinta. Lihat gambar. Setelah itu lap hingga bersih pakai kertas tisu ato kain yang halus. Pastikan tidak ada air lagi di catridge sebelum elu pasang ke printer lagi. 

 

gelas berisi air panas dan sedotan

gelas berisi air panas dan sedotan

 

 

cara menuangkan air panas ke permukaan keluarnya tinta

cara menuangkan air panas ke permukaan keluarnya tinta

12 comments on “Catridge printer HP bermasalah

  1. Niat banget sampai ada fotonya juga…tapi keren dech..Btw fotonya masih pake disnape yg dulu ga ya??:)

    Oya..sebenarnya ga usah pake sedotan gpp sih..tapi tempatnya jangan gelas, misalnya baskom (bahasa indonesianya apa ya?)pokoknya yg luas..Terus celupin aja tuch head..tapi ingat jgn sampai kena jalur headnya (yg berwarna kuning ada jalurnya itu loh),biasanya ntar keluar warna item dari head tsb…Habis itu keringin juga..Sebenernya ada juga kok, pake Pompa..dipompa di bagian lubangnya..
    Oya, untuk tadi,airnya tetep air panas…Dan boleh diminum,kalo dah dingin…Biar lebih seger boleh kok pake Es..Apalagi kasih sirup..Ueenaaakk tenan..

  2. aku punya masalah di catridge printer HP,
    masalahnya di catridge warna, jadi warna yang keluar tuh gk sesuai dengan perintah. Misalnya warna merah jadi kuning, warna hijau tetap hijau tapi jelek. Apa ini catridge bisa di selesaikan masalahnya dengan cara-cara di atas?? Ato mungkin yang paling pas beli lagi saja ya??? hehe..

    • dicoba aja mas jati, sapa tahu ada salahsatu bagian warnanya yang tersumbat. Karena tips ini dah gwa coba juga di catridge warna. Moga sukses ya…

  3. gini brad, kasus gw sebenernya sama ma lu, catridge gw malah gw keluarin semua isinya pake suntikan tinta kosong dan hasilnya berhasil jd warna sempurna lagi. Tapi gw ada masalah lagi, hbs gw tinggal plg kampung selama 2 minggu trus gw cb print malah print gw cm bs jalan sekali doank, diprintah trus tetep we ga jalan. gw cb buka tutup print malah catridgenya ga mau ketengah alias mojok. stress gw, lu taw ga solusinya???dr software HP sih ngomong tinta gw kering kerontang padahal td gw pake print bs tp cm sekali. Gmn Bos klo kaya gini??thanks

    • Ok sebelumnya tengkiyu dah mampir ke sini. Kalo menelaah cerita mas tedy, saya belum pernah mengalami. Tapi coba lakukan step berikut ini sapa tahu bisa membantu :
      1. Untuk “catridgenya ga mau ketengah alias mojok” coba diintip ato kalo berani sekalian di buka sapa tahu ada bangkai serangga (mis:kecoa, jangkrik, ato sapi (*_^) ato bisa juga ada besi klip yang nyangkut menghalangi jalannya catrid. Ato jangan – jangan ada yang masih menekan tombol otomatis yang ada di bawah bagian kiri penutup
      2. Kalo dah berhasil ketengah coba diambil satu dulu (yang hitam) kemudian tes bisa nggak, lalu test yang warna juga diambil gantian pasang lagi yang hitam bisa jalan ga?
      3. Kalo ada temen yang punya katrid coba dipinjem dulu untuk memastikan apakah catridnya yang rusak ato printernya yang dah harus di repair kan (ato di lembiru = lempar beli baru)
      Oke mas tedy gitu dulu semoga bisa membantu ato siapa aja yang baca tulisan ini mungkin bisa sharing pengalamannya….

  4. Mas sakisoku, Aku mo nanya, printerku gak bermusim tapi malah gak jalan, gak musim kering gak musim ujan…malah katridna kebanjiran tinta. katrid yang item, di softwarenya bilang, tinta kosong, padahal kebanjiran…mohon solusina..ThanxU..

  5. Gini Kang sakisoku, printerku gak bermusim tapi malah gak jalan, gak musim kering gak musim ujan…malah katridna kebanjiran tinta. katrid yang item, di softwarenya bilang, tinta kosong, padahal kebanjiran…mohon solusina..ThanxU..

    • Mas Hasan printernya HP juga ya? kalo HP emang agak susah untuk mereset kondisi indikator tinta agar tampilan di kompi mengikuti kondisi aktualnya, beda kalo epson yang di beberapa seri memang bisa kita reset pake reseter (di jual terpisah).
      Jadi kalo epson abis kita isi ulang tinta kemudian kita reset maka secara otomatis setelah digunakan lagi kompi juga akan membaca bahwa catrid kita penuh lagi. Sebenarnya di HP juga ada metode manualnya tapi saya belum penah nyoba, cari aja di google gimana cara mereset catrid HP.
      kemudian untuk banjir ada banyak faktor yang jadi penyebab..
      1. Tanggul jebol
      2. Penebangan hutan secara serampangan
      eh salah ding..
      1. bisa karena kebanyakan isi ulangnya
      2. bisa karena tintanya memuai karena suhu naik
      3. bisa karena kita ganti-ganti merek tinta (kualitas yang ga sama)
      atau hal lain yang bisa di cari sendiri di google..🙂
      gweeto..
      moga bisa membantu

Tinggalkan Balasan

