Belajar Video Editing #1 Pengenalan

Ok, Sob sekarang kita akan coba belajar tentang video Editing. Enggak banyak yang gue tahu, tapi akan coba gue share di sini dengan harapan bisa bermanfaat buat siapa aja yang membacanya.

Gue mulai belajar video editing udah lama, waktu mahasiswa dulu sering buat video untuk kegiatan kemahasiswaan. Pernah juga dimintai tolong Bulek untuk mengedit acara di Kantornya. Pokoknya menyenangkan meskipun kebanyakan Project Thank You [*_^]. Ada pula waktu sudah kerja, atasan gue minta tolong untuk mengeditkan video ultah anaknya dan lagi-lagi Project Thank You [*_^]. Tapi tak jarang juga keisengan ini dulu waktu masih berstatus mahasiswa bisa mendatangkan rejeki penambah uang bensin dan uang foto copy.

Oke daripada membaca kisah nostalgia gue yang ga bakalan habis 1 buku kalao di bukukan mendingan kita mulai aja bahasan kita. So… Please enjoy…

Pertama masalah file videonya sendiri, bagaimana caranya kita bisa dapet file video? Saat ini sudah banyak perangkat video recorder yang langsung bisa di hubungkan dengan PC, sehingga memudahkan kita dalam mentransfer file video ke dalam PC. Untuk perangkat perekam video konvensional (analog) biasanya kita butuh device (hardware) tambahan yang musti dipasang di PC kita bisa dalam bentuk FireWire ataupun bisa juga kita gunakan TV tuner seperti dibawah ini.

Product tv tunner USB

Product tv tunner USB

Selain menggunakan piranti kusus perekam video, kita juga bisa menggunakan HP sebagai alat perekam. Hanya saja kualitas yang dihasilkan kurang begitu bagus, tapi sebenarnya ada beberapa tips yang bisa ditempuh untuk pemakaian HP ini tapi kita tidak akan bahas di sini, InsyaAllah akan ada postingan lainnya.

Kemudian software video editing, banyak software yang bisa kita gunakan. Pilihan software biasanya kita sesuaikan dengan:
1. Kemampuan PC kita
2. Kualitas Video yang ingin kita hasilkan
3. Tingkat kesulitan Video Editing
Software video editing biasanya memiliki kapasitas yang besar dan berat. Ada temen berkelakar ketika softwarenya dijalankan PC akan “berteriak” -seandainya bisa [*_^]-

Macam software tersebut misalnya, yang simple seperti Video Cutter, kemudian yang menengah seperti Ulead Video Studio, maupun yang agak rumit sperti Adobe premiere.

Dalam berkreasi di video editing biasanya seorang editor akan menggunakan banyak software pendukung lain, misalnya saja software mengolah gambar dan juga software animasi. Tergantung pemakaiaannya.

Oke segini dulu bahasan pengenalannya, InsyaAllah kita akan lanjutkan bahasan tentang bagaimana mencoba membuat video clip sederhana di postingan berikutnya.

2 comments on “Belajar Video Editing #1 Pengenalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s