Memilih CD untuk Backup data

Sekedar sharing nih semoga bermanfaat, beberapa waktu lalu gue mencari koleksi file photo di CD backup, dan gue inget betul letak CD nya. Setelah lama di searching Cd per CD akhirnya ketemu photonya. Dah gitu aja sharingnya… He..he..he…

Nggak – nggak, gue bcanda. maksud gue gini waktu nyari2 file, gue sempet browsing beberapa CD lawas. Nha.. dari kondisi – kondisi CD usang itu baru ketahuan beberapa fenomena menarik yang gue anggap perlu untuk di sharing. Terutama mengenai CD untuk backup data dan perlakuan terhadapnya…

Sebenernya CD gue belum lagi berumur 10 tahun, tapi ada beberapa yang sudah eror, nha untungnya bukan file2 pentng yang ada di dalamnya…🙂 Ada beberapa penyebab kondisi eror yang gue dapati misalnya:

  1. CD tergores di bagian recording layer / non-recording layer
  2. CD melengkung / tidak rata
  3. Muncul semacam karat plastik ato apalah namanya yang jelas warnanya coklat seperti CD ketumpahan zat kimia. biasanya di bagian tengah CD dan Bagian tepian CD. 

Oke, berdasarkan kondisi-kondisi di atas berikut tips untuk meminimalisir penyebab  eror:

  1. Pilih CD dengan kualitas bagus, biasanya CD dengan harga sedikit lebih mahal punya kualitas yang lebih OK. Untuk beli CD ini biasakan beli di toko komputer, akan ada banyak pilihan harga dan kualitas. Jangan biasakan beli di toko alat tulis *bukan untuk mematikan pasaran ya* hanya saja biasanya harga lebih mahal dan tempat penyimpanannya tidak aman untuk CD (terkena panas, tergores benda lain)
  2. Gunakan stiker CD/ CD label untuk melindungi non-recording layer / bagian yang tidak mengkilap. Karena gresan pada sisi ini dapat menimbulkan kerusakan / eror yang lebih fatal ketimbang goresan di bagian recording layer. 
  3. Bila menyimpan dalam CD case / CD bag jangan terlalu penuh. Hal ini bisa menyebabkan CD melengkung, terutama CD yang ada di bagian paling luar. akhibatnya Cd tidak bisa lagi dibaca oleh optic CD rom kita, gimana mau dibaca, kalau CD sudah melengkung maka spin/perputarannya pun tidak normal lagi.
  4. Pastikan CD dalam keaadaan bersih, bila perrlu lap dengan kain halus/ tisu sebelum di simpan di dalam CD case ataupun CD bag
  5. Jika sudah ada CD yang “berkarat” pisahkan dari CD yang lain, terutama kalau nyimpannya pakai CD cone / tempat CD berbentuk tabung.
Gunakan atau pasang CD stiker/label

Gunakan atau pasang CD stiker/label

Tabung CD

Tabung CD

Yup itu aja yang bisa gue share di sini, mungkin temen-temen yang lain ada yang nambah… Sumonggo..


bisnis sampingan

Tinggalkan Balasan

