Nyoba ‘si imut’ Puppy Linux

puppyBeberapa saat lalu gue nyoba menggunakan Puppy Linux di komputer kantor, awalnya gue download nih distro dari website resminya di sini.  Tapi ada juga yang menjual CD copyan plus manualnya di sini.

Kesan yang pertama terekam adalah imut, ringan dan cepat. Imut karena distro ini hanya berukuran 100Mb, ringan karena Distro ini terbukti bisa jalan kuenceng dengan RAM PC gue di kantor yang hanya 128Mb, dan cepat saat menjalankan progrm aplikasi bawaannya.

Belum banyak yang gue coba di Puppy yang jelas untuk masalah ketik-mengetik dokumen distro yang satu ini menggunakan Abiword, lalu untuk web browser memakai SeaMonkey.

puppy screen shoot

Setting koneksi internetnya (via LAN) juga ga ribet pokoke maknyus deh… Tambah lagi nih distro kabarnya juga bisa di installkan ke Flashdisk. Mau nyoba ah….

14 comments on “Nyoba ‘si imut’ Puppy Linux

  1. Salam kenal Mas, saya da coba Puppy linux dengan booting dari CD Room tanpa install, tetapi kok saat saya mo shutdown atau keluar dari linux kok ngak bisa, maksudnya gini, laptop saya kok spertinya hang, karena jadi saya harus cabut power dan batterynya, jelasnya saat keluar kursur saya ngak aktif tetap pada opsi ngak mo pindah ke atau . dan ngak ada reaksi apa? bisa bantu mas… thank you

    • sebelumnya makasih dah dholan ke blog saya mas riza dan salam kenal juga, gini kalau kasus yang kayak gitu saya blum pnah nemuin Alhamdulilah selama nyoba di live CD lancar2 aja. Tapi ada beberapa kemungkinan yang mungkin bisa kita cek bersama:
      1. Yang pertama, pada saat proses shutdown dari pupy kan kita diminta untuk save settingan kita ya? nha kalau dalam kasus mas reza itu milih option yang save setting to disk biasanya emang lama prosesnya. atau malah punya mas reza belum masuk ke opsi ini?
      2. Udah diulang berapa kali menggunakan puppy nya mas? Atau jangan-jangan langsung kapok neh.. ^_* he..he..he… Dan pernah dicoba gak dengan CD yang sama kemudian dipakai di kompputer atau di laptop yang lain..? Sapa tahu emang CDnya yang masalah.
      3. Coba cari di FAQ nya puppy mungkin ada yang pas untuk problemnya mas Reza.

      Gweto doloe mas moga membantu, atau mungkin yang lain yang kebetulan mampir ada yang punya pengalaman lain…

  2. terimakasi atas informasinya mas, sepertinya file iso yang saya donlod blum lengkap, ini terbukti saya coba donlod versi dibawahnya (4.0) dan saya burn ke cd saya berhasil login dan logout pake puppy ini, walaupun saya masih canggung..sekarang yang mo saya tanyakan cara setup internet pake seamonkey gimana mas, saya da berhasil konek ke Jaringan LAN dikantor saya, ini dibuktinyan saya dapat jalankan ifconfig dari puppy ini tanpa ada error, tapi browsernya kok blmum jalan, maksud saya untuk setup browser bawaan puppy ini gimana? apa sama dengan setup IE ato Firefox pada window?
    saya tunggu informasinya

    • Gini mas Riza,biar mudah coba cek dulu settingan yang ada di windows. Liat sistem IP addressingnya ama Proxy configurationnya. kalau setttingannya perlu dicatat ya di catat aja jangan malu-malu he..he.. *bcanda*
      Nha biasane di kantor, selain ada setting proxy ada juga setting port catat semua. Kemudian catat juga IP Address komputer dan jangan lupa Gatewaynya.
      Kemudian booting ke Puppy dan buka seamonkey. Untuk setting seamonkey benar sekali ampir mirip ama firefox. Coba masuk ke menu edit->preference cari settingan advance kemudian cari proxies, masukkan setting proxy di sana.
      Oiya untuk IP kalo emang tadi mas bilang ga ada eror mungkin ga perlu dikonfigurasi, tapi kalo di kantor emang ada setting manual IP sebaiknya kita setting ulang IP Address komputer kita.
      Gweeto mas Riza moga membantu…

  3. makasih mas, sekarang sudah jalan, saya bisa browsing ne, sebelumynya saya jalankan si puppy ini pake live cd dan ada file sfs nya yang disimpan dihardisk, kalau saya lihat pada kanan bawah task bar ada 354M Free, saya ada rencana mo dalamin ni puppy, dan maksud install secara permanen dihardisk berdampingan dengan windownya billgates, caranya gimana mas, maksudnya langkah2 detailnya biar file window dan kawan2nya tetap jalan, singkatnya dual Boot Mas. biar dapat belajar lebih jauh tentang linux.
    thank you

    • Ehm.. selamat sebelumnya mas Riza anda sudah memilih jalan yang benar.. ^_*
      Kalau mau Install full, Pertama siapin dulu space partisinya di hardisk Anda. Disarankan untuk di defrag dulu dari windows sebelum dipartisi agar susunan filenya tertata ulang dengan rapi. Kalau kompi anda sudah punya beberapa partisi itu lebih baik lagi mas.
      Ehmmm… gimana ya kalau stepnya gue tulis di sini semua kayaknya bakalan panjang bgt… gimana kalau langsung study aja sendiri ke sini mas Riza. Gue dulu sukses nginstall dengan manual yang ada di sini.
      Kalau mau install full pilih yang full installation. Emang agak sedikit rumit sih, tapi silahkan dicoba dulu, ntar kalau ada yang belibet kita diskusikan bersama.. Semoga sukses..

  4. Mas,sy ada pentium-s 200mhz ram sktr 64mb,hdd 2,1gb kira”bsa gak diinstol puppy linux??Atau ad distro laen yg bs diinstol dgn spek sy tsb,bisna syg klo gak dpke.Thx

    • sepertinya sih bisa mas, kenapa jawabannya ‘sepertinya’ karena gue belum pernah nyoba di spek komputer seperti punya’e mas Rahman..🙂 dicoba aja mas..

  5. saya baru aja sebentar ini nyoba install puppy. Tapi saya bingung gimana mau masuk ke internetnya! ISP saya speeedy, bisa kasih pencerahan ngga gan?

Tinggalkan Balasan

