Tabungan Syariah yang InsyaAllah Lebih Barokah

muamalatHe..he… tulisan berikut ini nggak ada sangkut pautnya dengan Iklan untuk Bank Muamalat. Maupun mengharap komisi dari Bank Muamalat, kalaupun ada mungkin bisa dipertimbangkan akan ada lomba blog tentang pengalaman menabung… Ha..ha..ha..(mulai kecanduan ikut Blog competition ^_* ) Tapi kembali lagi konsep awal blog ini adalah untuk berbagi, tepatnya adalah berbagi pengalaman atas fasilitas dan kemudahan yang ane rasa di tabungan Syariah. Nah kebetulan saat ini ane nabungnya di Muamalat di Tabungan Shar-e.

SharePada awalnya ane milih bentuk Bank Syariah ini karena direkomendid para ulama, mengingat ada fatwa yang mengharamkan bunga Bank. Jadi secara ane adalah orang awam yang ingin berusaha belajar dan memperdalam masalah Agama (..cie..cie..cie…) So ane pilih tabungan Shar’e ini sebagai alternative menghindari bunga Bank.

Pertamanya ane ‘beli’ paket perdana tabungan ini di Kantor Pos terdekat dari domisili ane waktu itu. Harganya (setoran awal) hanya 125 ribu rupiah, dengan rincian 25 ribu sebagai biaya awal (biaya Administrasi dan juga kartu ATM) dan 100 ribu masuk sebagai saldo awal tabungan kita. Kata petugas Pos uang 100 ribu nanti bisa kok diambil lagi semunya kalo kita ga punya uang dan kita bisa dapet Rp.100 ribu itu lagi secara utuh, karena di Shar’e tidak ada batas minimal saldo. Dengan system ini jelas kita memang dipungut biaya Administrasi awal sebesar 25 ribu oleh Shar’e. Beda dengan tabungan ane di Bank konvensional sebelumnya, kalau sebelumnya Bank tersebut memang tidak meminta secara terang-terangan untuk biaya administrasi awal dan juga biaya ATM, tapi saat kita ingin mengambil semua uang kita di Bank tersebut, maka kita harus meninggalkan saldo (paling nggak 50 ribu) di rekening kita. Jadi kalo dipikir ulang jelas di Shar’e ini lebih jujur dan lebih hemat biaya administrasinya.  :)

Kedua, sebagai bentuk keuntungan kenapa ane pilih tabungan ini, karena konsepnya adalah bagi hasil sesuai jumlah uang yang kita tabungkan. Jadi, oleh Bank Muamalat uang kita digunakan untuk membiayai usaha-usaha atau bisnis yang halal, dan di sana ketika ada keuntungan maka kita sebagai penabung juga akan memperoleh bagi hasil dari keuntungan usaha tersebut. Dan bagi hasilnya dihitung / didasarkan pada setiap Rp. 1000,- yang kita tabungkan. Dengan bagi hasilnya adalah 49 : 51 (Bank : Kita) Ilustrasinya ketika setiap Rp.1000,- yang kita tabungkan bank bisa mendapatkan keuntungan Rp. 100,- maka kita akan memperoleh Rp. 51 dan Bank mengambil Rp. 49

Keuntungan lain dari Shar-e ini antara lain adalah : mudah penyetorannya, karena selain di Bank Muamalat, setoran juga bisa dilakukan di seluruh Kantor Pos on-line di Indonesia; penarikan tunai dapat dilakukan di lebih dari 8800 jaringann ATM BCA dan ATM bersama di seluruh Indonesia 24 Jam Non Stop; Shar-e juga bisa digunakan sebagai kartu debit belanja di 18000 merchant berlogo Debit BCA; bisa bayar zakat secara otomatis dan juga pembayaran tagihan bulanan secara otomatis pula (auto debet).

Untuk customer service, phonebankingnya Muamalat siaga selama 24 Jam. Kemudahan yang teranyar kita bisa melakukan transaksi m-banking Muamalat dari aplikasi (berbasis software java) yang terinstal di perangkat mobile kita. Jika menggunakan aplikasi maka biaya operasional transaksi hanya sebesar biaya penggunaan GPRS kita, yang mana ini jauh lebih hemat dibanding dengan m-banking yang menggunakan system SMS maupun Phone Banking (talk).

Okay itu aje review ane tentang Produk Tabungan Shar-e dari Bank Muamalat kalo tertarik dan pengin kenal lebih jauh dengannya silahkan visit ke site Muamalat ini. Di sana jelas diterangkan mengenai biaya-biaya Administrasi bulanan yang pasti sangat menarik dan citarasa nya jelas akan beda dengan bank konvensional, serta detail mengenai aplikasi m-banking nya.

Moga bermanfaat.

Met Puasa Ramadhan.. Met Lebaran Fitri.. Mohon maaf lahir dan batin…

7 comments on “Tabungan Syariah yang InsyaAllah Lebih Barokah

  1. Meminta maaf tidak menjadikan kita hina, sebaliknya memberi maaf akan membuat kita bangga. Saling memaafkan & silaturahmi yang menjadikan kita mulia. Taqabbalallohu minna wamiunkum, taqabbal yaa kariim..

    SELAMAT IDUL FITRI 1430 H, MINAL AIDIN WAL FAIDZIN
    Mohon maaf lahir & batin

  2. Menarik sekali penjelasannya. Penjelasan dalam modus cerita seperti ini sangat membawa pencerahan bagi yang sedang mencari pengetahuan seperti saya. Terimakasih.

  3. Assalamualaikum,gan.. Meski postingnya udah lama, saiah mau ikut nimbrung ni sekarang, ga apa2 yah (^_-). (mudah2an masih ada yg baca)…heheheheh…

    Saya mau kasih informasi menarik, sekarang di Bank Muamalat ada produk tabungan baru namanya Tabungan Muamalat, agan2 disini bisa punya tabungan di Bank Muamalat cukup dengan setoran awal Rp.100rb, agan2 bisa dapetin ATM + Buku Tabunganya GRATIS,Rp.100 rb yg disetorin diawal itu langsung jadi saldo agan2. Menariknya lagi SALDO MINIMUM-nya Rp.0,agan ga punya duit keluar bikin rekening trus diambil lg juga bisa.
    Semua Fasilitas di SHARE agan bisa dapet disini juga. Trus klo saldo agan rata2 diatas Rp.2juta, agan bisa bebas admin bulanan..
    Klo tarik tunai di ATM BCA n ATM Bersama agan dibebasin biaya tarikan n klo aga tarik di ATM Muamalat nya sendiri agan dapet poin yang bisa dituker nantinya.

    Masih banyak lagi kelebihan dari Tabungan Muamalat ini gan, selain InsyaAllah Halal n Bebas Riba, agan juga dapet ketenangan InsyaAllah… Ini c cuman review sedikit dari saiah, klo agan2 tertarik silahkan dateng ke Bank Muamalat terdekat ya..Or agan2 bisa cek produknya di web muamalat, or tlp ke Salam Muamalat 500016(via tlp) , pake 021 (via HP)…

    Smoga bermanfaat ya gan ..(smoga ada yg baca) hehhehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s