Hati-hati Menggunakan Headset di Laptop

Pengin berbagi neh tentang pengalaman menggunakan headset di Laptop. Ceritanya gini:

Suatu pagi saat matahari terbit dari ufuk timur, (eh bener dari timur kan ya…?) dan ketika suara kicau burung tak terdengar dari dalam kamar, maka yang terdengar hanyalah sahut – menyahut bunyi alarm pagi dari HP temen – temen kos yang beraneka ragam mulai dari lagu terbaru dari Didi Kempot sampe bunyi alarm standarnya hape monoponik dan monokrom, tapi ada satu alarm yang unik. dan terdengar dengan jelas tiap jam setenah tuju pagi, gini bunyinya… “Oi..bangun dah setengah tuju oi… buruan , jauh-jauh kos di sini mau kuliah ato mau tidur ?” anehnya lagi ternyata diikuti dengan suara ketokan pintu “tok-tok-tok” … xi..xi..xi.. ternyata ada temen kos yang bangunin penghuni kamar sebelah.

A: “Haiyah kok malah kemana-mana… mana cerita headsetnya?????”

Gini-gini sabar ya A.. ni lanjutannya.

Setelah mendengar ketokan pintu di kamar sebelah, ane langsung nyadar kalo hari dah siang. Lalu buru-buru nyiapin perlengkapan mandi (odol, sikat, sabun dan shampo) sebelum keluar kamar tak lupa melakukan ritual mematikan laptop, lepas headset dari colokan laptop, lepas charger dan lepas fan laptop, kemudian klik shutdown. Lalu bergegas menyambar handuk,  namun langkahku untuk mandi terhenti karena tiba – tiba ada jeritan dari laptopku… nguuuuuuuuuuuuuuuuuuunggggg… wa… tidak…. setelah menoleh ke laptop ternyata sudah ada blue screenyang nongol dan tertulis ada pisical dump eror..

Wadow tugas kuliah yang sejak subuh ane kerjain belum sempat ane backup ke flash-disk je. Seketika rasa takut dan cemas datang ia hinggap di dinding dulu dan akhirnya sampai menembus ke dalam dada ini… ukh… sesak…..(lebaydotkodotid)

Ya Allah semoga laptopku gapapa… And then, masih dalam kondisi berdengunggggggggggggg… akhirnya ane paksa matiin laptop dengan jurus 1 jari (dah tahu jurusnya kan? ya betul tekan lama di tombol powernya) Dan matilah laptop ane..hiks…

Kawatir semakin terasa berat di hati, setelah mengalungkan handuk yang tadinya  melilit di tangan, ane coba nyalain lagi “si Tukul” panggilan akrab laptop ane, tapi ternyata bunyi dengung dan diikuti blue screen nongol lagi… wa… Kul kenapa kamu sakit di saat yang genting seperti ini… Setelah menenangkan hati sejenak dan mengucap Bismillah, ane coba putar kembali memory di otak, kenapa kira-kira neh laptop bisa ngambek.

Dan ketika melirik ke kiri, jatuh lirikan mata ke headset.

A..ha…(muncul icon lampu hemat energy di atas kepala ane) jangan-jangan karena headset ini. Kemudian dengan mangut-manggut sendiri ane coba inget lagi, ternyata semalem ane memang mengubah setiingan mikrofon di Laptop agar suara yang masuk dari mik di headsetnya terdengar jelas. Pengin tahu  kenapa? He..he.. mau nyoba karaoke sekaligus tes vocal yang dah lama tidak dilatih,  dengan cara ikutan nyanyi mas Arman Maulana😀 …

Dan ternyata benar, setelah ane matiin lagi “si Tukul” kemudian ane restart dengan kondisi headset tertancep. Tukul bisa on dengan normal lancar jaya sentosa.Yes..yes..yes.. bisa segera mandi cuy…

Jadi masalahnya ada di setting mikropon. Ketika pake headset settingnya perlu kita naikkan mengikuti sensitifitas mik.  Tapi jangan lupa mengembalikannya ke settingan semula karena jika tidak maka mik dan  speaker  laptop yang secara auto langsung aktif akan menyebabkan efek feedback berupa bunyi dengun dan kemudian diikuti dengan blue screen.

Ha..ha..ha.. jadi hati-hati kalo mau belajar karaoke pake laptop.. pastikan setting mik dinormalkan kembali.. Selamat berkaraoke…

A : “Loh..kok ucapan selamatnya ga konek ma temanya seh…?”

B: “Yo ben, sak karepku, sakisoku to…”

Yang ini menarik Juga lho…!

9 comments on “Hati-hati Menggunakan Headset di Laptop

  1. ni laptop apa ya, dulu pengalaman pake vanbook nya advan karena miknya elek gw pake booster micnya windows, jrenk storing nguing2 dah sampe jebol speakernya langsung aja gw kirim ke advan, sekarang gw pake mik external dari pada nguing. tips jangan pake mic booster windows, dan masalah bukan di headset

    • ane pake acer bro bob, emang bener masalahnya bukan di headset makanya judulnya bukan “jangan gunakan head set” tapi “Hati-hati Menggunakan Headset di Laptop” karena ada beberapa hal yang musti kita waspadai. Boleh pake boster kalo diperlukan terlebih kalo kita pake mic headset. Tapi jangan lupa di off kan lagi sebelum headset kita disconect dengan komputer hal ini untuk menghindari efek nguing ato lebih tepatnya efek feedback dari mic internal laptop ke speaker internal laptop.

  2. laptop saya juga mengalami kejadian yang sama
    berdenging setelah memakai headset hbs itu hdup trs setiap 15 menit sekali mati lagi terus hidup lagi
    itu gmna jadinya, cara benerinnya lagi gmn
    ?
    mohon bantuannya, terima kasih🙂

  3. thank’s dah visit dimari Gan, untuk laptop berdengung biasanya karena efek feedback, jadi sebelum make headset coba agan cek setting audionya (biasanya deketan ma settingan volume) dulu kemudian disetting kecil aja untuk semua item utamanya mic

  4. Hahahaha… cara ceritanya lucu..😀

    menraik2.. udh bs buat buku nih.. gya crtanya seperti org Yogya…

    hehehehehehehe… lebay2 norak.. ckckckckck.. peace ^^V

Tinggalkan Balasan

