Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Jogja (Just Sharing)


“]

Wew karena baru beberapa hari lalu ane perpanjangan pajak jadi bisa sharing neh gimana pelayanannya. Langsung aja ya dimulai : Perpanjagan pajak kendaraan untuk DIY sudah bisa dilakukan di SAMSAT manapun (online system). Misalnya kita punya motor bantul tapi tempat tingal di Sleman, kita bisa kok mbayarnya dari SAMSAT kota dJogja.

Nha beberapa hari yang lalu ane sebenernya dah dateng ke Samsat Kota, namun karena padatnya acara ane urungkan niat melihat antrian yang luarbiasa buanyaknya. Akhirnya ane putuskan untuk datanglagi keesokan harinya. Tapi berkat saran dari Bulek, ane pinda ke Samsat Bantul yang ada di jalan paris, kalo dari arah prapatan ring road kantor Samsat bantul ada di sebelah kanan, nggak jauh dari PLN.

Sebelum ke sana, ane dah siapkan fotocopy KTP, STNK dan BPKB sambil tetap kita bawa yang aslinya. Tapi jangan kawatir di sekitar kantor Samsatnya ada juga kok tukang potocopy (nyari sendiri ya). Ane parkirin motor di depan Samsat, trus masuk ke kantor Samsat.

Di sana ada empat loket, loket pertama ada di ujung kanan. Tempat penyerahan berkas yang tadi ane dah sebutin yakni fotocopy KTP, STNK dan BPKB dan nyerahin juga yang asli. Petugasnya ramah lho.. berseragam polisi tapi wajah terlihat sumringah he..he..he.. Kembali ke topik, setelah ane serahin datanya kemudian ane nunggu sambil duduk dan ngobrol ama wajib pajak lain yang juga sedang bayar pajak. Ndak lama kemudian (5-10menit) dipanggil satu-satu pemilik berkas dan tiba giliran saya. Ternyata berkas BPKB asli yang dikembalikan dari loket yang sama.

Kemudian ane nungu lagi, dan segera setelah menunggu sekitar 5-7 menit dipanggil lagi dari loket berikutnya, kali ini ane nerima KTP asli dan kertas kwitansi yang menunjukan berapa jumlah pajak yang musti kita bayar. Ane langsung diarahkan ke loket berikutnya, yaitu loket pembayaran. Di sinilah ane kasih duit pajaknya sambil nyerahin kwitansi yang tadi dah diterima dari loket sebelumnya. Setelah dicek dan di stempel kwitansinya ane diminta nunggu lagi ndak sampe 5 menit sudah dapet panggilan lagi dari loket terakir untuk nerima STNK dan bukti pembayaran pajak dan juga kwitansi pembayarannya.

Selesai deh… Ndak sampai 30 menit rangkaian pembayaran pajak di Samsat mBantul dah kelar. Mungkin karena perbaikan birokrasi yang terus dilakukan instansi pemerintah makanya efisiensi proses terus dikembangkan dan lambat laun ndak ada lagi plesetan semboyan “Kalo bisa diperlambat kenapa musti dipercepat” he…he..he..

Semoga semangat ini terus dijaga oleh para pelayan masyarakat ya…

Oiya sekedar saran untuk perbaikan di Samsat Bantul : Kalo bisa pakai sistem nomor antrian jadi yang dateng duluan yang diproses duluan🙂 atao nama kerennya First In First Out, karena kemaren waktu ane nyerahkan berkas di loket 1 itu ya cuman ditumpuk di depan petugasnya trus ternyata manggilnya dari yang paling atas alias Last In First Out.

16 comments on “Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Jogja (Just Sharing)

  1. kalo saya kan kuliah di jogja, tapi asal saya dari daerah jawa timur..
    kira-kira kalo bayar pajak online di SAMSAT jogja bisa ga ya?

    • belum pernah nyoba e.. mungkin kalau pajak tahunan yang nggak pakai gesek nomer rangka dan nomer mesin bisa langsung nitip aja ke teman ato sodara yang ada di djokja.. Kalo yang pake gesek bisa juga minta tolong gesek di samsat palembang nanti dikirim ke djokja hasil gesekannya

  2. Pajak Tahunan maupun pajak Lima tahunan kayaknya masih harus dibayarkan di Samsat setempat (tempat di terbitkannya Pajak Kendaraan Bermotor).

    Untuk SAMSAT Pembantu, contohnya Samsat Pembantu Maguwo. Melayani perpanjangan Pajak Kendaraan Bermotor di wilayah hukum Polres Sleman aja.

    Kalau ada SAMSAT Pembantu yang notabene deket dari rumah Wajib Pajak, apa harus pergi jauh-jauh nyamperin di SAMSAT Utamanya.?

    CMIIW, Wajib Pajak Nuebie ni…

  3. saya punya motor plat H (semarang) kalo mau bayar pajak motor di samsat online jogja bisa pa gag ya????soalnya gag ada KTP yang punya juga soalnya saya beli dari tangan pertama

  4. bos bro, anak saya waktu kul di jogja beli spd mtr AB (sleman) dan skrng kerja di jatim gmn kalo her-nya di tulungagung ? dan misal kalo mau balik nama dan sekaligus mutasi ke tulungagung kira2 biayanya habis berapa ya ? tks infonya

Tinggalkan Balasan

