Pindah Tempat Kerja, Pindah NPWP

Pajak merupakan salahsatu sumber dana untuk pembanguan di negeri kita tercinta ini. Meskipun segelintir orang menjadikannya sumber pemasukan yang tidak halal, namun itu adalah urusan si oknum, dia akan merasakan balasannya jika tidak di Dunia pasti kelak di akherat🙂

Sebagai orang pribadi kita yang sudah berpenghasilan diwajibkan untuk mbayar pajak, nah sebagai ID nya kita butuh NPWP apa itu NPWP dan apa fungsinya silahkan baca di sini

Sehubungan dengan judul di atas, ane mau share pengalaman tentang bagaimana memindahkan NPWP kita ketika kita berpindah tempat kerja. Sebelumnya ane bekerja di sebuah industri kertas di Serang, Banten dan di sanalah ane pertama kali membuat NPWP itupun secara kolektif dari perusahaan.

Setelah ane pindah kerja ke daerah Padang Sumatera Barat, oleh pegawai pajak  SumBar ane disarankan merubah NPWP ane. Sebab jia masih menggunakan NPWP lama maka pajak yang ane bayarkan dari Padang akan menjadi pemasukan untuk Banten🙂

Oke deh akhirnya ane turuti aja… Nha di sini inti cara – cara mindahin NPWP. Pertama siapkan copy NPWP lama dan jangan lupa bawa yang asli karena akan ditarik untuk kemudian di ganti yang baru. Kemudian minta blangko isian untuk Ubah Data dan Pindah NPWP di bagian informasi, isi dan antri yang tertib untuk mengajukan brosur kita di loket pengurusan NPWP. InsyaAllah prosesnya nggak lama, antrinya aja yang agak lama apa lagi kalau antriannya panjang🙂

Tambahan tips untuk yang mau mengurus tentang perpajakan di kantor pelayanan pajak pratama padang usahakan datang sepagi mungkin untuk mengambil nomor antrian. Kalau nomor antrian sudah habis bisa dipastikan kita diminta datang lagi ke esokan harinya🙂

5 comments on “Pindah Tempat Kerja, Pindah NPWP

  1. saya sudah pernah di buatkan NPWP, tapi pada saat itu ada kesalahan pada alamat rumah saya, kemudian oleh pihak perusahaan di proses lagi untuk di betulin, tapi saya sudah resign duluan sebelum trima npwp saya, nah skarang perusahaan baru saya minta NPWP saya, kira kira kalau saya buat lagi bisa gk ya? lalu apa harus di tempat domisili? mohon balasannya

  2. sebaiknya sista minta kartu NPWP di perusahaan yang dulu, atau paling tidak cari nomor NPWPnya aja kemudian ke kantor pajak terdekat urus penerbitan kartu baru dgn nomor yang sama.
    Atau coba ke kantor pajak terdekat, cari informasi tentang nomor NPWP anda, bilang aja NPWP nya hilang🙂 bila perlu bawa surat hilang dari kepolisian *not recomended*
    Kalau buat baru lagi takutnya nanti NPWP lama anda bermasalah karena argo pajaknya tetap jalan. Semoga membantu

    • aku dah coba telpon kantor pelayanan pajak dia blg… boleh buka baru lagi, tgl kasih ktp nya ajah… dan aku mau tanya lagi.. kalo KTP nya domisili di jawa bisa gk buat di daerah jakarta?

Tinggalkan Balasan

