Proses Mutasi Mobil Ke Padang – Part 1

Berdasarkan impo dari seorang teman, untuk mutasi kita musti cabut berkas dulu di daerah asal mobil. Kemudian didaftarkan berkas tersebut ke daerah tujuan. Karena mobil sudah bersama saya di Padang maka harus ada bukti “bantuan cek fisik” dari samsat padang sebagai syarat pencabutan berkas di daerah asal.

Hari ini ane “berkunjung” ke SAMSAT kota Padang untuk memulai proses mutasi mobil. Dateng jam 7.15 di kantor SAMSAT suasana masih lengang cuaca mendung makin menambah sepi di kantor sementara yang berada di seputaran GOR H Agus Salim Padang itu. Tapi beberapa saat kemudian ada ibu-ibu yang sibuk merapikan meja dan kursi yang ada di depan kantor SAMSAT tersebut.

Setelah ane sapa dan ane tanya ternyata aktivitas baru mulai sekitar jam 8 dan untuk amannya ane disarankan untuk kembali jam 10 aja. Oke lah langsung deh tancap gas lagi menuju tempat kerja di kampus tercinta🙂

Jam 10 ane nongol lagi di SAMSAT dan ternyata benar, sudah ruuuame🙂 hehehe… Langsung parkir dan langsung ada yang menawarkan jasa. Sebenarnya target ane hari ini adalah mengurus persyaratan mutasi “Cek Fisik Kendaraan”.

Seorang pemuda yang kemudian ane ketahui adalah seorang “juru gesek” menawarkan jasa gesek, sebelumnya ane dipersilahkan dulu beli stiker gesek ke loket yang tersedia. Untuk roda 4 stiker ada capnya R4 satu stiker dikenai biaya 25rb, untuk proses ini dibutuhkan 2 stiker (satu untuk dikirim satu di simpan). Ane beli 2 jadi kena 50rb (tapi tanpa kuitansi)

Setelah dapet stiker ane balek ke mobil menemui pemuda juru gesek yang setia menunggu, setelah ane buka kap depan segera ia berkasi mencari lokasi nomer rangka dan mesin mobil kemudian dimulailah prosesi gesek kurang lebih 5-10 menit selesai. Doi kemudian minta ganti uang rokok untuk biayanya, ane dapet bocoran impo untuk tips kasih aja 5-10 rb. kalau yang ini bisa dipastikan memang tidak ada kuitansi juga🙂

Oke setelah itu ane balik lagi ke loket dan menyerahkan hasil gesek dan STNK ke petugas dengan menjelaskan maksud dan tujuan ane adalah untuk mutasi dari luar kota masuk ke padang. Berkas ane kemudian diproses, sebenarnya cepet tapi karena pak komandan sedang ada urusan maka hars nunggu acc dari beliau, lumayan lama dan Alhamdulillah kelar juga.

Selanjutnya ane meluncur ke markas polantas yang ada di Jl. Nipah untuk mengurus surat jalan pengganti STNK, dijalan ane sempatkan mengcopy semua dokumen yang tadi didapat dari Samsat. Setibanya di Nipah ane serahkan copy berkas dari samsat, copy ktp ane, copy ktp pemilik  untuk syarat keluarnya surat jalan. Di Nipah biaya keluarnya surat jalan untuk 1 bulan adalah 50ribu (tanpa kuitansi juga). Setelah dapet surat jalan, ane pulang dan mengirimkan berkas ke teman di seberang pulau untuk mencabut berkas mobil yang ada di sana.

Lanjut part 2 nya di sini

One comment on “Proses Mutasi Mobil Ke Padang – Part 1

  1. Ping-balik: Proses Mutasi Mobil Ke Padang – Part 2 « ngeblog sak isoku…

Tinggalkan Balasan

