Membuat Rak Serbaguna dari Besi Siku Berlobang (Bag-1 Latar Belakang)

Alhamdulillah rumah baru kami sudah siap untuk dihuni. Tak lama lagi kami akan pindah dari PMI (Pondok Mertua Indah)🙂 Sehubungan dengan itu istri ane nantangin untuk dibuatin sendiri tempat kompor gas, meja dapur dan tempat nyupir (nyunyi piring). Sebagai informasi rumah kami tipe imut jadi semuanya juga kalau bisa haruslah imut, atau sebutan kerennya “minimalis”. Mengingat ada rencana pengembangan rumah maka tempat kompor gas dan kawan-kawan haruslah bersifat portabel, artinya mudah dipindahkan dan jangan dibuat permanen (mbobok tembok).

Untuk memulainya ane cari ide dengan semedi di depan laptop. Berdasar informasi mBah google akhirnya ane pilih untuk membuat tempat komporgas dengan menggunakan besi siku berlobang. Asumsi ane dengan bahan ini akan lebih mudah dan kuat serta bisa dibuat portabel🙂

Langkah pertama adalah belanja besi siku berlobang. Ane meluncur ke pasar dan mendatangi beberapa toko besi untuk survey, berdasarkan info ternyata ada beberapa jenis besi siku berlobang (kwalitas dan ukuran) serta dengan variasi harga tentunya. Ada yang kwalitas lokal dan impor. Untuk tahap awal ane belanja 2 jenis yakni ukuran 4×4 dan 4×6, masing-masing jenis memiliki panjang 3 meter perbatang. Untuk harga yang 4×4 ane dapet harga Rp. 47500 perbatang dan Rp. 52500 untuk ukuran 4×6.

Ini yang ukuran 4 x 6

Ini yang ukuran 4 x 6

Ini yang ukuran 4 x 4

Ini yang ukuran 4 x 4

Untuk tempat kompor gas ane mau buat ukuran panjang 80cm lebar 50 cm dan tinggi 60cm. Besi 4×6 rencananya mau ane bikin sebagai kaki-kaki (tinggi) dan yang ukuran 4×4 ane pakai untuk rusuk-rusuk panjang dan lebarnya. Ehm, seperti apa proses dan penampakan akhirnya… Silahkan lanjut ke bagian berikutnya….

rancangan awal tempat kompor gas

Tinggalkan Balasan

