Hati-hati Penipuan Mendompleng Program “Pop Mie Get Lucky 2014”

Tadi pagi ibu negara menemukan sebuah bungkusan kertas kecil ketika sedang menyapu. Bungkusanya rapi di dalam plastik, didekat roda depan mobil yang terpakir di samping rumah. Ane buka bungkusnya dan cek isinya. Ada 3 berkas atau lebih tepatnya 3 carik kertas dengan keterangan yang saling menguatkan.

DSC02583

3 carik kertas terbungkus rapi dalam plastik tipis

DSC02581

setelah dibongkar atau unpacking

Kertas pertama sangat WOW karena ada tulisan SELAMAT ANDA MENDAPATKAN 1 UNIT MOBIL NISSAN MARCH rapi dan sangat meyakinkan.

DSC02578

kertas pertama

Kertas kedua berwarna putih dengan kepala PT.INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR tbk. Di sana tertulis persyaratan untuk membawa pulang NISSAN MARCH. Memang tidak harus membayar pajak hadiah yang 25% apalagi sampai 100% yang mencapai 192.000.000,- . Cukup mebayar beaya pengurusan STNK/BPKB saja. Sesudahnya hadiah akan diantar langsung ke rumah kita. WOW…

DSC02580

kertas kedua pakai tulisan ASLI

Kertas ketiga adalah kertas warna kuning, dengan kepala surat KEPOLISIAN METRO JAYA DKI JAKARTA. Di sini diterangkan bahwa Polda Metro Jaya ikut bertanggung jawab atas pelaksanaan dan penyelesaian administrasi surat-surat kendaraan.

DSC02579

Kertas Ketiga dari POLDA METRO JAYA

Ada sedikit rasa senang di hati karena terasa akan mendapatkan mobil baru. Tapi eits.. tetap saja ada rasa curiga secara jaman sekarang apa saja bisa “dikondisikan” dan “dibuat” untuk mendapatkan uang. Yang haram aja susah apalagi yang halal.

Beberapa analisa dan penyelidikanpun ane lakukan. Berikut analisa singkat ane yang membuktikan kalau in adalah bohongan/penipuan

Pertama, analisa singkat dari kertas pertama ane menemukan nomor layanan konsumen 082311123447 dan 02140792777. Masak iya perusahaan sekaliber Indofood mengunakan layanan konsumen nomor HP dan bukan yang layanan bebas pulsa.

Kedua, analisis singkat dari kertas kedua ane temukan photo-photo di setiap tanda tangan pihak yang berwenang ini aneh biasanya dipasang materai bukan photo. Kemudian ada photo “gadis muda” yang bergelar dra padahal setahu ane yang bergelar dra pasti sudah “senior”.

Ketiga, analisis singkat dari kertas ketiga, simple saja katahuan boongnya. Nomor surat yang dipakai oleh polda mero jaya diakhiri dengan angka 2012.

Selanjutnya penelusuran lebih lanjut ane lakukan. Ane cek di web resminya http://www.popmie.com/event/ ane dapatkan pengumuman mengenai POPMIE Get Lucky 2014. Di web tersebut jelas layanan konsumen ada di nomor 0 800 181 8888

Lalu disbutkan juga “Pajak hadiah atau pajak pemenang dan bea balik nama (BBN) akan ditanggung oleh Indofood.” dan diakhir pengumumannya disebutkan lagi “KONSUMEN TIDAK DIKENAKAN BIAYA APAPUN UNTUK MENGIKUTI PROGRAM PROMOSI POP MIE GET LUCKY 2014 INI.”

Di pengumuman disebutkan “Program promosi ini dilakukan melalui mekanisme kupon undian yang terdapat di dalam kemasan Pop Mie; Pada bagian belakang kupon undian tersebut terdapat kode unik yang terdiri dari 10 digit angka, contoh: 2234567888.” sedangkan di kertas pertama kode uniknya adalah ISM7799.

Dari 3 fakta tambahan di atas makin jelas bahwa yang ane dapat adalah kertas penipuan. Dan akhirnya karena itu sore harinya ane sempetin beli POP MIE untuk melihat bentuk asli kuponnya. Setelah ane buka dan ane lihat berikut penampakan asli kupon dari POP MIE yang aslinya. Sudah ane sms kan ke *200*200*kode unik# dari nomor XL dan ane dapet respon langsung dan sudah terdaftar tinggal nunggu pengumumannya di web resmi http://www.popmie.com/event/

DSC02577

Kupon Tampak depan (tanpa tulisan ASLI)

DSC02582

Kupon tampak belakang ada 10 digit angka unik

WASPADALAH-WASPADALAH

Tapi pertanyaan besar berikutnya adalah….. Siapa yang iseng naroh itu lembar penipuan di garasi ane?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s