Tips Memperkecil Ukuran File Gambar

si kecil Anjas

Seiring dengan meningkatnya tingkat “kenarsisan” orang akhir-akhir ini dimana mereka suka banget mengupload photo mereka di pesbuk, blog atau sekedar menyimpannya di rapidshare, ziddu, indowebster dan atau bebasupload. Maka diperlukan sebuah metode untuk memperkecil ukuran file photo yang akan diupload.

Hal ini berguna terutama untuk mereka yang memiliki jaringan koneksi minimal, ato yang ingin menghemat memori penyimpanan. Namun perlu diingat, memperkecil ukuran photo bisa diartikan sama dengan mengurangi kualitas photo.

Memperkecil ukuran hoto sendiri bisa melalui beberapa metode. Setidaknya yang gue tahu ada 2 cara

  1. Merubah format filenya
  2. Memperkecil ukuran atawa dimensinya

Merubah format file, biasanya yang memiliki tingkat ukuran paling besar adalah file image dengan extension BMP. Sedangkan file berjenis JPG, GIF atau PNG memiliki ukuran relatif lebih kecil. Makanya metode memperkecil ukuran file dengan merubah format file ini biasa dilakukan untuk file image berformat BMP menjadi JPG atau GIF. Hal ini bisa terjadi karena ketajaman warna pada BMP dikurangi saat terjadi proses pengkonversian file ke JPG. Caranya mudah :

  • Buka file image dengan aplikasi image viewer, yang pake windows bisa menggunakan Windows Pictures and Fax Manager, atau bisa aplikasi lain.
  • Kemudian tinggal  ‘save As‘ saja. Ubah format filenya. dan jangan lupa pula ubah nama filenya biar ga bingung 🙂

buka file dengan picture and fax viewer

klik gambar disket

Merubah Dimensi File, adalah menggunakan logika pengecilan biasanya yakni memperkecil ukuran file. Biasanya menggunakan referensi persentase, pixel, maupun inch, cm, mm, dll. Metode ini bisa dilakuan untuk semua format file. Caranya sedikit agak repot tapi tetep mudah kok:

  • Buka file image dengan image viewer yang memiliki kemampuan image editor juga. Yang paling sederhana bisa pake Microsoft Office Image Manager bawaannya Ms.Office versi 2003 ato yang lebih canggih.
  • Cari fungsi resize, kemudian kita bisa merubah ukuran panjang dan lebarnya.
  • Yang perlu diingat kita harus menjaga perbandingan antara panjang dan lebar dari gambar, agar gambar kita tidak menjadi gemuk atau malah jadi kurus

buka file dengan ms.office pict manager

atur ukuran pengecilannya

setting standar pada proses resize

4 comments on “Tips Memperkecil Ukuran File Gambar

  1. Ping-balik: Tips Memperkecil Ukuran File Gambar (2) Dengan Software Easy Graphic Converter « ngeblog sak isoku…

  2. thank’s yach………..
    da besa dunk w kecilin size photonya…..

    1x thank’s bgt yach………..

    um……….mah……..h……..h.

Tinggalkan komentar