Membuat Rak Serbaguna dari Besi Siku Berlobang (Bag-2 Agar Rak Simetris)

Bagian kedua ini adalah sambungan dari tulisan sebelumnya ane mau sharing tentang problem yang muncul ketika membuat rak dengan besi siku berlobang. Hal ini tidak sengaja ane dapati ketika melihat rak hasil karya teman ane yang tidak rata dan tidak simetris.

Setelah berdiskusi dengan doi dan juga pengamatan secara langsung ternyata yang menyebabkan rak menjadi tidak simetris adalah pemotongan besi yang hanya berpatokan pada ukuran. Meskipun ukurannya sudah sesuai dengan desain rupanya tidak menjamin akan menghasilkan rak yang simetris.

Lho kok bisa? Inilah uniknya rak besi dengan besi siku berlobang. Ternyata selain harus sesuai dengan ukuran kita harus menyesuaikan dengan lobangnya. Untuk amannya jika kita samakan posisi lobangnya untuk rusuk-rusuk yang bersesuaian. Misalnya untuk empat kaki, kita punya ukuran 75 cm maka setelah satu kaki terpotong maka kita “mal-kan” lobangnya untuk mendapatkan kaki berikutnya.

Namun jika kita tidak bisa / tidak memungkinkan untuk membuat potongan dengan posisi lobang yang sama, sebenarnya kita masih bisa menyetel posisi baut agar rak simetris.

Setel baut agar rak simetris

Setel baut agar rak simetris

Dan berikut penampakan rangka rak pertama untuk kompor gas

Rak untuk Kompor Gas

Rak untuk Kompor Gas

2 comments on “Membuat Rak Serbaguna dari Besi Siku Berlobang (Bag-2 Agar Rak Simetris)

Tinggalkan komentar